Mengenal Open Dynamic Engine


hallo teman, saya mau sharing mengenai library open dynamic engine nih, kebetulan beberapa waktu yang lalu saya menggunakan ini untuk keperluan tugas akhir saya.

Nah, apa sih Open Dynamic Engine itu ?

ODE is an open source, high performance library for simulating rigid body dynamics. It is fully featured, stable, mature and platform independent with an easy to use C/C++ API. It has advanced joint types and integrated collision detection with friction. ODE is useful for simulating vehicles, objects in virtual reality environments and virtual creatures. It is currently used in many computer games, 3D authoring tools and simulation tools.

(sumber : disini)

dari keterangan definisi diatas, dapat dilihat kalau ODE itu merupakan simulator fisika dalam bentuk objek 3 dimensi. Apakah teman-teman mengenal OGRE ? atau PhysX  ? nah, ODE kurang lebih sama seperti ini, bahkan OGRE sebetulnya merupakan wrapper dari OGRE loh, tapi OGRE kan lebih ditujukan untuk pembuatan game-game 3D dengan mudah.

Apa sih keuntungan ODE ?

nah, kalau ini teman-teman bisa melihat di websitenya langsung, dari pengalaman saya menggunakan ODE, yang pasti ODE ini menggunakan bahasa C++ sehingga bisa di programming secara Object Oriented (enak bukan, hehe.. ) lalu selain itu, ODE ini juga open source loh dan juga cepat.

Fitur-fiturnya apa aja sih ?

di ODE kita dapat mensimulasikan lingkungan 3D tanpa harus berpusing-pusing ria mengenai konsep collision detectionya, wahhh.. enak bukan, bahkan sebetulnya kita bisa loh memodelkan objek yang ada nantinya menggunakan software-software 3D seperti 3DSMax atau software pembentuk 3d lainnya. Mau lihat hasil contohnya ? cek video berikut ini ya gan, ini bukan buatan saya, tapi kalau teman-teman bisa membuat yang lebih kreatif, hasilnya pasti bisa sangat bagus kok🙂

 

segitu saja dahulu dari saya, jika ada yang hendak mencoba silakan ya🙂

jika ada pertanyaan terkait ODE mungkin nanti bisa tanyakan kesini, atau nanti pm saya aja,, kalau waktunya memungkinkan, pasti akan saya jawab kok😉

– semoga berguna ya

  1. kak, saya mau buat buku tentang ode….
    bisa dijelaskan tidak? makasih😀

  2. Pak, Bapak dosen di salah satu perguruan tinggi swasta ya. Mengajar php kan Pak? Wah ternyata jago ODE juga ya Pak?

    Luar biasa…!

    • eno
    • February 7th, 2012

    mau nnya pak, ad gak tutorial belajar ODE??
    saya tertarik buat bikin bahan tugas akhir. tapi di lingkungan saya masih belum familiar sama yg namanya ODE..🙂

    • sebetulnya kalau ebook untuk belajar ODE memang sangat jarang, meskipun demikian sebetulnya kita bisa melihat contoh-contoh yang diberikan oleh ODEnya melalui demonya (sudah built in) ketika installasi librarynya. Silahkan di oprek-oprek saja terlebih dahulu🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

