Mempermudah Proses Belajar dengan Open Source Mind Map Software


Yup, mungkin istilah mind mapping sudah tidak asing lagi bagi Anda. Sejak bangku SD  (kalau tidak salah ya..) saya telah diajarkan tentang konsep belajar seperti ini, namun sayangnya konsep belajar ini baru saya terapkan di masa SMA (itupun tidak selalu saya terapkan). Namun, saya rasa disaat teknologi telah maju seperti sekarang sehingga banyak ditemukan software-software untuk menerapkan metode pembelajaran seperti ini, saya rasa hal ini sangat bermanfaat untuk di coba.

Apa itu Mind Mapping ?

Mind mapping adalah salah satu dari teknik belajar yang menggunakan teknik menggambar peta pikiran. Peta Pikiran (mind map) itu sendiri adalah diagram yang merepresentasikan kata-kata, ide, atau hal lainnya yang saling berhubungan seperti halnya pada sistem saraf manusia.

Manfaat dan Kegunaan Mind mapping ?

  • Bisa untuk brainstorming/tukar pikiran
  • Pengambilan keputusan
  • Pemecahaan masalah
  • Perencanaan
  • Membuat note-note penting
  • Membuat presentasi
  • Dan masih banyak lagi kegunaan lainnya

List dari Mind Map software (Open Source)

  1. Compedium
  2. Free Mind
  3. Free Plane
  4. Pimki
  5. SciPlore Mindmapping
  6. WikkaWiki
  7. VUE
  8. XMIND

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_mind_mapping_software

Kalau saya sih merekomendasikan FreeMind karena cukup mudah dalam hal pemakaiannya. Yaa…., tapi kan setiap orang seleranya berbeda-beda, mungkin anda lebih tertarik kepada software yang lain, yo wess, silakan dipakai, saya tidak melarang kok :D… Untuk penjelasannya detail dari masing-masing software diatas, anda dapat melihat di Wikipedia (link sumber)😀

Untuk FreeMind saya coba tampilkan screenshotnya ya😀

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

